Makan Gorengan Apa Bisa Bikin Gemuk?

Tempe goreng, pisang goreng, bakwan, serta sederet gorengan beda adalah makanan ringan favorite orang-orang Indonesia. Tidak heran bila di bebrapa pojok jalan gampang temukan tukang gorengan.

Tetapi, perlu untuk diketahui kalau minyak yang dipakai untuk menggoreng dapat buat timbunan lemak di badan. Ketika kita konsumsi gorengan, kandungan minyak di dalamnya yang bertindak buat badan menggemuk.

Pada gorengan, satu gr kandungan minyak juga akan dikonversi badan jadi daya jadi sembilan. Berlainan perihal dengan satu gr protein atau karbohidrat yang cuma dikalikan empat untuk jadi daya, seperti dituturkan pakar gizi dari FKUI dr. Saptawati Bardosono.

” Walau sebenarnya kita bila makan gorengan tidak cukup satu, kan. Nah, saat daya berlebihan ini disimpan badan, jadilah tumpukan lemak, ” papar dokter yang akrab disapa Tati dalam Dialog Nasional ” Kurang Gizi Terselubung Memetik Generasi Hilang ” di Kantor Kemenkes, Jakarta, ditulis Kamis (28/7/2016).

Terkecuali lemak menumpuk, mengkonsumsi minyak berlebihan juga dapat membahayakan aliran darah. Di Indonesia sendiri, mengkonsumsi gorengan termasuk juga tinggi, hingga tidaklah heran apabila sekitaran 30 % masyarakat Indonesia memiliki tingkat cholesterol yang tinggi.

Mengkonsumsi minyak pada manusia sesungguhnya cuma sedikit. Lihat tabel gizi seimbang, minyak ada di puncak. Ini berarti keperluan minyak kita cuma sedikit seperti di sampaikan dosen Fakultas Kesehatan Orang-orang UI Asih Setiarni.

” Dalam satu hari kita cuma bisa konsumsi kurang dari lima sendok makan minyak goreng. Hingga bila juga ingin makan gorengan, satu atau dua telah cukup, ” kata Asih dalam peluang yang sama.

Ya demikianlah sebenarnya, pahit memanglah mesti mengaku bila gorengan kurang baik untuk kesehatan karna biasanya digoreng dengan minyak yang tidak ditukar setiap saat menggoreng. Kandungan lemaknya sangat tinggi serta kurang terjamin kebersihannya bila dijajakan di tepi jalan. Kandungan lemak berikut yang dapat percepat meningkatnya berat tubuh. Jadi, bagaimana? Masih tetap ingin jajan gorengan tidak bila ingin cepet langsing? Hehehehe!

Menurut satu riset yang dikerjakan oleh alumni serta mahasiswa dari Program Studi Pengetahuan Gizi Fakultas Kesehatan Orang-orang Kampus Hasanuddin Makassar, tunjukkan kalau pemakaian minyak goreng berulang punya pengaruh pada persentase kandungan asam lemak bebas. Hasil analisa itu juga tunjukkan kalau minyak dari makanan gorengan punya pengaruh riil pada kandungan asam lemak bebas dari makanan yang digoreng.

Jadi bila ingin tidak gemuk, anda kudu hati-hati pilih makanan ya. Kesehatanmu lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: