Cara Memasang Benang Mesin Jahit

Cara Memasang Benang Di Mesin Jahit Portable

Dalam dunia konveksi, terdapat dua jenis mesin jahit yaitu mesin jahit manual dan mesin jahit portable. Seperti namanya, mesin jahit portable adalah mesin yang dapat dipindahkan dengan lebih mudah atau dengan kata lain mesin jahit portable lebih praktis dan efisien. Apakah pemasangan benang pada mesin jahit Singer portable berbeda dengan mesin manual? Seperti yang kita ketahui, benang adalah komponen utama dalam menjahit sehingga penting untuk tahu langkah-langkah memasangnya yang benar.

Langkah-Langkah Memasang Benang

Sebelum mengetahui cara memasang benang di mesin jahit portable, Anda harus tahu terlebih dahulu apakah mesin jahit dengan dua pemandu benang atau dengan hanya satu pemandu benang. Mesin jahit yang memiliki dua pemandu benang umumnya memiliki pengait dan tongkat kecil di atas mesin dimana benang akan melewati pengait dan tongkat sebelum memasuki lubang jarum. Sedangkan, mesin jahit satu pemandu benang hanya memiliki satu pengait.

Cara Memasang Benang Mesin Jahit

Mesin Dua Pemandu Benang

Berikut ini adalah cara untuk memasang benang pada mesin jahit yang memiliki dua pemandu benang.

  1. Langkah yang utama adalah mematikan terlebih dahulu mesin listrik yang dimiliki. Pastikan jika mesin yang akan digunakan tidak sedang tersambung listrik karena dapat melukai Anda.
  2. Jarum mesin dinaikkan menjadi lebih tinggi dengan cara memegang roda bagian atas lalu memutarnya perlahan.
  3. Setelah itu, sepatu penekan jahitan diangkat dengan terlebih dahulu memegang tongkat kecil pada bagian samping mesin supaya benang dapat terpasang sesuai titik yang tepat.
  4. Benang jahit dipasang terlebih dahulu pada bagian tiang gulungan benang. Tiang gulungan mesin pada beberapa mesin berbentuk vertikal dan beberapa lainnya horizontal. Yang terpenting adalah memasangnya dengan baik.
  5. Menarik beanng pada arah pemandu benang pertama. Benang dikaitkan pada bagian bawah pemandu benang yang pertama lalu dikaitkan pada celah yang ada di bagian atas. Benang diarahkan menjauhi pemandu benang pertama.
  6. Benang dikaitkan pada pemandu benang yang kedua dengan menarik benang menuju arah pemandu benang kedua.
  7. Setelah itu, benang dikaitkan pada bagian pengatur tekanan benang.
  8. Lalu benang dimasukkan pada bagian lubang di tuas untuk pengangkat benang. Barulah setelah itu benang dipasang di bagian pengait. Sekarang Anda sudah dapat menggunakan benang pada jarum.

Mesin Satu Pemandu Benang

Berikut ini adalah cara untuk memasang benang pada mesin jahit yang memiliki satu pemandu benang.

  1. Sama halnya dengan mesin dua pemandu benang, mesin harus dimatikan terlebih dahulu. Langkah awal, jarum mesin dinaikkan hingga posisi teratas barulah sepatu penekan jahitan diangkat.
  2. Benang dapat mulai dpasang pada bagian tiang gulungan benang sesuai posisinya apakah horizontal atau vertikal. Lalu benang ditarik menuju pemandu benang setelah itu dikaitkan pada pengatur tegangan benang.
  3. Masukkanlah benang pada lubang di bagian pengangkat benang lalu benang dipasang sesuai pengait benang di atas jarum. Jika sudah, silahkan pasang benang pada jarum.

Itulah cara memasang benang di mesin jahit portable. Pastikan untuk berhati-hati karena diperlukan keuletan dan ketelitian yang tinggi.Apabila Anda Mendapatkan kesulitan segera hubungi Toko Mesin Jahit Jakarta atau yang terdekat dirumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: