Tips Menggunakan Sepatu Olahraga Wanita Agar Tetap Awet

Sepatu bermerk ternama dengan bahan berkualitas premium tidak dapat dijadikan jaminan dalam membuatnya tahan lama. Jika pengguna menggunakan dan merawatnya dengan cara yang salah, sepatu mahal pun dapat dengan mudah rusak. Untuk itu, berikut tips yang dapat pengguna lakukan dalam menggunakan dan merawat sepatu olahraga wanita agar tetap awet.

Longgarkan Tali Sepati Sebelum Digunakan

Kebanyakan sepatu olahraga saat ini menggunakan tali sepatu untuk mengikatnya. Sayangnya, pengguna seringkali salah dalam menggunakannya. Ketika akan menggunakan sepatu bertali, hendaknya pengguna untuk melonggarkan terlebih dahulu tali sepatu sebelum digunakan. Hal ini untuk menghindari kerusakan di beberapa bagian sepatu sehingga penampilannya menjadi tidak prima lagi.

Hindari Mengikat Tali Sepatu Terlalu Kuat

Selain itu, jangan mengikat tali sepatu terlalu ketat karena juga akan membuat kerusakan di beberapa bagian sepatu, seperti collar lining, lubang tali, dan bahkan lidah sepatu. Bagian-bagian tersebut akan robek karena tekanan yang terlalu kuat ditambah dengan aktivitas berat saat berolahraga. Jangan takut sepati menjadi longgar, karena pada dasarnya, sepatu yang baik akan menyesuaikan dengan bentuk kaki penggunanya.

Gunakan Sepatu Olahraga Sesuai dengan Jenisnya

Meskipun berlabel sepatu olahraga, faktanya tidak semua sepatu dapat digunakan untuk beragam jenis olahraga. Setiap sepatu olahraga wanita memiliki fitur tersendiri untuk jenis olahraga tertentu. Misalnya saja, sepatu basket yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan akselerasi dan lompatan, sepatu lari yang ringan, dan bahkan sepatu sepak bola dengan pul dengan kemampuan mencengkram tanah lebih baik.

Rawat Sepatu Sesuai dengan Bahan yang Digunakan

Perawatan sepatu harus disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan yang dapat terjadi. Misalnya saja sepatu dengan bahan kulit yang tidak perlu dicuci karena akan mengelupas bila sering terkena air, dan sebagainya.

Beberapa tips di atas sangat berguna untuk membuat sepatu olahraga yang digunakan tetap awet meskipun sering digunakan. Bahkan sepatu bermerk ternama dengan harga tinggi pun dapat dengan mudah rusak apabila pengguna salah dalam menggunakan dan merawatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: