Perbedaan Syringe Pump Dan Infus Pump

Perbedaan Syringe Pump Dan Infus Pump

Pernah tidak anda mendengar istilah syringe pump atau infus pump? Pasti untuk orang awam akan terasa sangat asing sekali. Lalu sebenarnya apa itu syringe pump dan infus pump? Dan apa perbedaannya? Pada kesempatan kali ini saya akan berusaha sedikit membahasnya khusus untuk Anda, supaya tidak penasaran lagi.

Yang pertama saya mulai dari syringe pump. Syringe pump merupakan salah satu alat medis yang biasanya digunakan untuk memasukan cairan obat ke dalam tubuh pasien dengan dosis atau takaran tertentu. Waktu yang digunakan adalah per jam, jadi ketika waktu sudah selesau dan obat telah habis maka alarm-nya akan berbunyi dan secara otomatis menghentikan system pompa.

Lalu yang kedua adalah infus pump. Saya rasa begitu anda mendengar kata infus sudah langsung tahu apa sebenarnya alat ini, jadi infus pump merupakan sebuah alat medis yang digunakan untuk memasukan cairan obat atau nutrisi ke dalam tubuh pasien melalui pembuluh vena. Ada 2 pompa yang digunakan yaitu pompa yang memiliki volume besar dan pompa yang memiliki volume kecil. Untuk yang besar biasanya digunakan untuk memasukan cairan nutrisi, sedangkan yang kecil untuk obat-obatan.

Hampir disemua toko alat kesehatan banyak yang jual infus pump maupun syringe pump, kedua alat ini merupakan peralatan wajib yang harus ada disetiap tempat pelayanan kesehatan baik itu PKM, klinik maupun rumah sakit. Nah selanjutnya kita akan membahas mengenai perbedaan dari kedua alat tersebut, walaupun mungkin sekilas memiliki fungsi yang sama, namun tetap saja keduanya memiliki perbedaan, lalu apa perbedaannya?

  • Infus pump digunakan langsung untuk selang infus, sedangkan pada syringe pump obat dimasukan ke dalam suntikan baru nanti diteruskan ke tubuh pasien melalui pembuluh vena.
  • Dengan syringe pump maka tugas para tenaga medis untuk memasukan obat ke tubuh pasien menjadi lebih praktis dan efisien, kalau menggunakan infus pump sering terkendala selang yang macet atau tersumbat.
  • Infus pump hitungannya dalah tetasan permenit sehingga harus selalu dicek, sedangkan syringe pump akan berjalan secara otomatis.

Nah itu tadi beberapa perbedaan antara syringe pump dan infus pump. Intinya kedua alat ini fungsinya sama hanya berbeda cara kerjannya saja. Dengan menggunakan kedua alat tersebut maka pasien dapat menghindari konsumsi obat dalam bentuk tablet atau pil yang terkadang sering terjadi kendala saat meminumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: